MEMBANTU PERSALINAN KUCING

Masa bunting induk kucing adalah sekitar 65 hari, jadi catatlah tanggal perkawinan kucing untuk mengetahui dan mempersiapkan proses persalinan kucing kesayangan anda. Pada saat akan memulai proses melahirkan, biasanya perilaku induk kucing berbeda dengan kesehariannya. kucing terlihat resah, berputar-putar atau terus mengeong, cobalah untuk memeriksa kelamin kucing, biasanya ada sedikit darah yang keluar dari kelaminnya.

Kucing secara naluri dapat melahirkan sendiri, namun karena terbiasa dirawat didalam kandang, maka sangat perlu untuk membantu proses persalinannya. Jadi siapkan tempat yang nyaman bagi kucing dan beberapa perlengkapan seperti gunting, kapas, benang, tissue dan betadine.

Biarkan kucing melahirkan secara alami saja. Ketika bayi kucing mulai keluar, bebaskan pernafasan bayi dari plasentanya, potong tali pusar sepanjang 2 cm dari pusarnya dan ikatlah dengan benang. Berilah betadine pada potongan tali pusar tersebut untuk mencegah infeksi. kemudian bersihkan badannya dengan tissue, letakan bayi kucing mendekati puting susu induknya dan biarkan menyusui.

Proses persalinan akan berlangsung lama. tergantung berapa ekor yang akan dilahirkan, pastikan untuk memeriksa bagian perut induk kucing, untuk memastikan kelahiran berikutnya.

Pada proses persalinan adakalanya induk kucing kehabisan tenaga, jadi berikan asupan energi dari makanan yang berupa campuran kuning telur ayam kampung dan madu. Usahakan induk kucing untuk memakannya.

Jika proses sudah selesai, bersihkan kandang dan siapkan tempat yang nyaman bagi induk kucing untuk merawat anaknya.


2 komentar:

  1. makasih ya atas tips nya,,

    BalasHapus
  2. Apa ada jam jam tertentu saat kucing mulai kontraksi
    Dan apa semua kucing rumahan tidak bisa melakukan persalinannya sendiri tanpa bantuan dari tuannya

    BalasHapus