TIPS MEMILIH PAKAN KUCING

Secara sederhana pakan kucing dapat dibedakan menjadi tiga katagori, diantaranya adalah pakan kering, semi kering dan basah.

Pada umumnya para pencinta kucing lebih sering menggunakan pakan kering, pakan berbentuk biscuit yang memiliki kadar air kurang dari 10%. salah satu alasan menggunakan pakan kering adalah awet dan mudah penyimpanannya, penggunaan pakan kering bermanfaat juga untuk kebersihan gigi kucing. Namun kadar air yang rendah pada pakan kering, maka kucing harus diimbangi dengan air minum yang cukup.

Pakan semi kering, memiliki kandungan air sekitar 25%. Secara fisik pakan kering juga berbentuk seperti biscuit, namun kandungan airnya lebih tinggi. Jenis pakan ini, tergolong jarang ditemukan di tanah air.

Penggunaan pakan basah yang memiliki kandungan air sekitar 70%, diberikan pada kucing sebagai selingan pada saat bosan pada pakan keringnya. kelebihan pakan basah adalah aroma yang menyengat sehingga merangsang nafsu makan kucing. Diet pakan basah, bisa digunakan untuk membantu terapi awal pada gangguan saluran kencing kucing. Selain itu pakan basah lebih mudah untuk dicerna, dan bagus untuk pertumbuhan.

Beberapa hal yang penting adalah, membedakan kebutuhan makanan untuk kucing anakan dan kucing dewasa. Perbedaan yang utama adalah anakan kucing membutuhkan pakan yang mengandung protein yang lebih tinggi. Jadi pilihlah makanan yang sesuai dengan umur kucing. Hindarilah memberi makanan kucing seperti pada komsumsi manusia, karena kebutuhan nutrisinya berbeda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar