KERACUNAN PADA KUCING

Sahabat kucing persia surabaya, pada umumnya semua hewan memiliki insting yang kuat untuk memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya, namun tidak bagi hewan yang memiliki ketergantungan dengan manusia, semisal hewan peliharaan.

3 hari sebelum kami tulis postingan ini,  seorang teman menghubungi kami dengan paniknya. Dan menceritakan bahwa kucing kesayangannya telah memakan tikus yang mati karena diracun. Parahnya lagi kucingnya tiba tiba sekarat akibat memakan tikus tersebut. Wah, bagaimana mungkin? padahal kalau kita menyediakan makanan yang telah tercampur bahan kimia, biasanya kucing tidak mau memakannya! karena instingnya..., mungkin karena tidak hidup sebagai kucing liar, insting pada kucing peliharaan jadi berkurang. Jika sudah terjadi, bagaimana cara mengatasi kucing keracunan bahan kimia.

Berikan kucing yang keracunan itu dengan air kelapa hijau, dosis kira kira satu sendok makan, diminumkan dengan menggunakan spet suntik, diulang setiap 10 menit, sampai 3 kali minum. Ini sebagai langkah pertolongan pertama. Segera membawa kucing kesayangan ke dokter, karena keracunan bahan kimia dapat menyebabkan kematian bagi kucing kesayangan,
Nah kabar gembiranya, kucing yang kami ceritakan ini, sekarang sudah sembuh, sehat dan lincah kembali.

Tindakan tersebut diatas, adalah pertolongan pertama untuk keracunan yang disebabkan oleh faktor bahan kimia, untuk keracunan yang disebabkan karena pakan yang mengandung  kuman, sebaiknya pergunakan obat yang dapat menghambat pertumbuhan dan mematikan kuman dalam pencernaan kucing

Satu lagi, kenapa kami tulis manfaat propolis untuk kucing berkali - kali dalam blog ini. Ternyata propolis efektif untuk digunakan sebagai pengobatan keracunan makanan. Para ilmuwan menemukan bahwa propolis dapat menghambat pertumbuhan dari C. jejuni, Enterobacter faecalis, dan Staphylococcus aureus, yaitu tiga kuman yang biasanya ditemukan dalam kasus-kasus keracunan makanan. Dosis yang dipakai cukup 1 tetes propolis 2 kali sehari, diberikan pada kucing yang keracunan makanan.

Racun  pakan terjadi karena :
  1. Cara penyimpanan pakan yang kurang rapat, sehingga pakan menjadi berjamur.
  2. Pemberian pakan yang berlebih, sisa pakan yang tidak termakan berpotensi terkena kuman.
  3. Malas membersihkan tempat pakan.
Kami sarankan anda menyimpan 1 botol cairan propolis untuk kucing kesayangan, selain untuk berjaga - jaga, propolis dapat digunakan sebagai obat luar untuk luka, jamur, obat mata, daya tahan tubuh dan antiobiotik alami. Propolis tidak memiliki masa kadaluwarsa, jadi bisa disimpan dan dipakai jika dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar