MATA BELEKAN PADA KUCING

Sahabat pencinta kucing, mata belekan sering kita jumpai pada kucing. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata kucing menjadi belekan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kurang minum pada kucing, dapat menyebabkan mata belekan, pencegahannya adalah berikan air gula atau madu pada kucing seminggu sekali. Pada kasus ini, cobalah memeriksa apakah ada bekas kencing pada kotak pasirnya, agar dapat menyimpulkan kebiasaan minumnya.

Cacingan pada kucing, dapat menyebabkan mata belekan, pencegahannya adalah memberikan obat cacing setiap tiga bulan sekali. Pada kasus ini, kita bisa memeriksa kotoran kucing, apakah terdapat cacing atau tidak?

Iritasi pada mata kucing, dapat menyebabkan mata belekan, pengobatannya gunakan obat tetes mata Alletrol, Propolis non alkohol, biasanya disebabkan oleh debu dan udara yang kotor.

Kelainan pada mata kucing, karena terlalu terbuka lebar, maka kantung matanya tidak dapat menampung air mata, sehungga mata selalu berair dan jika dibiarkan akan menjadi belekan.

Pada saat dilahirkan mata kemasukan air ketuban indukannya, pinggiran luar mata menjadi hitam kecoklatan, cukup basuh dengan kapas yang telah dibasahi dengan propolis yang telah dilarutkan ke dalam air hangat.

Serangan virus, dapat menyebabkan mata kucing  menjadi berair, lebam dan belekan. Pencegahannya lakukan vaksinasi dengan rutin.

Kesimpulannya amati dan carilah faktor penyebabnya, jika mata kucing terlihat berair dan belekan, belum tentu matanya yang sakit, sebagai contoh untuk kucing yang cacingan, matanya menjadi belekan. kita dapat mengobati matanya, dapat sembuh namun akan kambuh lagi, karena cacingannya tidak diobati.

Jika kotoran pada mata kucing berwarna coklat, penyebabnya faktor diluar matanya, jadi pengobatan langsung ke mata, tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jika kotoran pada mata kucing berwarna putih kebiruan, dapat disimpulkan mata kucing memang sedang sakit. Pengobatan langsung ke mata akan lebih efektif.
Namun ada baiknya, untuk selalu membawa kucing kesayangan ke dokter hewan, bila matanya selalu berair dan belekan.

Terima kasih telah berkunjung di blog kucing persia surabaya, semoga informasi ini dapat memberi manfaat bagi para pencinta kucing.

4 komentar:

  1. Gan ada ga caranya agar si kucing (persia) matanya tidak berair lagi, tapi tanpa ada gejala cacingan dsb..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdh dijelaskan pada postingan tersebut diatas

      Hapus
  2. Amankah kucing pakek propolis? Saya pernah pakek propolis tanpa alkohol dan hasil memang agak sedikit perih. Kalo di pakek sama kucing apalagi dimata apa bakal aman?

    BalasHapus
  3. Semua kucing persia saya bbs dr belek coz apabila kucing saya terlihat belekan..mata kucing berair terlihat merah hingga bengkak...saya cuma membersihkannya dengan air hangat...rutin dibersihkan setiap kali beleknya keluar

    BalasHapus