PANDUAN MERAWAT KUCING PERSIA, UNTUK ADOPTER BARU




(I)
PERTAMA KALI KUCING TIBA DI RUMAH
Beberapa hal yang sering terjadi, ketika kucing kesayangan berada di lingkungan baru :
  • Berada di lingkungan barunya, kucing akan merasa tidak percaya diri dan stress.
  • Tidak mau makan dan minum.
  • Ketakutan dan mencari tempat persembunyian. 
Hal tersebut adalah wajar, meskipun tidak terjadi pada semua kucing. Kemungkinan akan berlangsung selama 2 sd 3 hari. Tindakan yang harus kita lakukan adalah :
  • Tempatkan kucing dalam kandang yang nyaman,
  • Tetap menyediakan makan dan minum di dalam kandang.
  • Sediakan pasir kucing di dalam kotak pasir, tempatkan di dalam kandang.
  • Adopter dapat mulai berinteraksi, dengan mengelus-elus bulu di  bagian dagu kucing, atau bagian tengkuk kucing. Untuk membuat kucing merasa nyaman.

Catatan : untuk merk makanan, sebaiknya tidak di ganti dulu selama beberapa hari, atau mengikuti merk pakan yang dimakan sebelumnya di tempat yang lama.
 

(II)

PERLENGKAPAN UNTUK KUCING
Beberapa perlengkapan didalam kandang, untuk kebutuhan kucing anda, adalah sebagai berikut :
  • Kandang standard ukuran 3 atau 4, karena bisa digunakan untuk anakan kucing, hingga kucing dewasa.
  • Tempat makan, digunakan untuk tempat menyediakan makan kucing, terbuat dari plastik atau stainless steel, berbentuk mangkuk.
  • Tempat minum, digunakan untuk tempat air minum kucing, terbuat dari plastik, stainless steel, dapat berbentuk mangkuk dan botol dot, namun untuk dapat menggunakan botol dot, kucing harus sudah terbiasa dulu.
  •  Kotak pasir, sebagai wadah untuk pasir kucing terbuat dari plastik.
  • Pasir kucing, secara naluri kucing akan mencari pasir ketika kencing maupun buang kotoran besar. Sebaiknya gunakan pasir kucing gumpal,
  • Serokan kotoran kucing, digunakan untuk mengangkat dan memisahkan kotoran kucing dari pasir.
Semua perlengkapan tersebut diatas, banyak dijual di petshop.


(III)

CARA MENGGANTI PAKAN KUCING

Untuk merk makanan, sebaiknya tidak di ganti dulu selama beberapa hari, atau mengikuti merk pakan yang dimakan sebelumnya di tempat yang lama, namun karena sesuatu hal dan terpaksa harus menggantinya, perhatikan komposisi campuran untuk mengganti pakan lama dengan yang baru.

  • 1 sd 2 hari sediakan makanan campuran dengan komposisi 30% makanan baru dan 70% makanan lama.
  • 3 sd 5 hari sediakan makanan campuran dengan komposisi 50% makanan baru dan 50 % makanan lama.
  • 6 sd 7 hari sediakan makanan campuran dengan komposisi 70% makanan baru dan 30% makanan lama.
  • Setelah lewat 7 hari, sediakan 100% makanan baru.
Kemungkinan yang terjadi, kucing akan bermasalah dengan pencernaannya, semisal mencret atau muntah, jika tidak ada tanda – tanda masalah pada pencernaannya, maka pengganti dengan pakan baru dapat dilanjutkan.



(IV)

MENYIMPAN PAKAN KUCING

Sangat penting menyimpan pakan kucing dengan wadah yang tertutup dengan rapat/kedap udara, hal ini untuk menjaga agar pakan tidak rusak, karena pakan yang rusak akan menyebabkan kucing mencret jika memakannya.


(V)

CARA MEMANDIKAN KUCING
Tidak sembarangan memandikan kucing. Dilakukan dua minggu sekali, namun harus diperhatikan cuaca pada saat itu. Sebaiknya kucing kesayangan dimandikan pada saat cerah, antara pukul 09.00 sd 15.00 waktu setempat.  dan jangan memandikan kucing yang sedang sakit. Gunakan air hangat, lindungi bagian lubang telinga, mata dan hidung kucing agar tidak kemasukan air. segera mungkin untuk mengeringkan rambutya dengan pengering rambut. Shampo yang digunakan sebaiknya mencakup untuk anti bakteri dan kutu. Berikutnya untuk memandikan kucing kesayangan anda :

  1. Siapkan air hangat didalam ember.
  2. Lindungi lubang telinga kucing dengan kapas.
  3. Perlahan celupkan belakang kucing kedalam air ember, dengan posisi kedua kaki depan dipegang dengan tangan.
  4. mandikan kucing dengan air hangat, basuhlah secara perlahan, hati-hati pada bagian mata hidung dan telinganya jangan sampai kemasukan air, lanjutkan dengan shampoonya.
  5. Untuk bagian yang kotor, gosoklah dengan sikat halus dengan lembut.
  6. untuk bagian gigi, gosoklah dengan sikat gigi kucing.
  7. Setelah itu, pindahkan kucing kesayangan ke tempat yang kering. dan keringkan seluruh badannya dengan handuk atau kanebo.
  8. lanjutkan pengeringan rambutnya dengan hair dyer atau blower udara, pastikan harus kering benar, agar kulit kucing tidak terserang jamur.
Perhatian : Jangan memandikan kucing yang sedang sakit, kucing hamil dan baru disuntik.Untuk kucing yang baru disuntik, tunggulah 1 minggu terhitung mulai disuntik.



(VI)

MASALAH PENYAKIT KUCING 

Cobalah untuk dapat menangani sendiri, beberapa penyakit seperti jamur (sering terjadi pada kucing umur 1 sd 6 bln), parasite kutu. Obat untuk penyakit ini, sudah banyak tersedia di petshop.

Untuk mengatasi jamur pada kucing kesayangan. Campuran 10 tetes Propolis dengan 100ml Alkohol 70%, dapat digunakan sebagai obat luar/oles untuk penyakit jamur pada kucing, oleskan secara rutin pagi dan sore ke bagian tubuh yang terkena jamur. Penggunaan obat ini, cukup aman untuk kucing, cepat kering dan tidak lengket di bulu, sehingga tidak akan meracuni kucing, pada saat menjilati tubuhnya. Untuk mengobati jamur pada sekujur tubuh kucing, pemakaian medicated shampoo sangat disarankan.

Selamectin bekerja sangat efektif dalam membunuh kutu dan telur kutu yang sering terdapat pada bulu kucing, cara pakainya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan di tengkuk kucing maka obat akan menyebar ke seluruh tubuh. Teteskan pada kulitnya, jangan pada bulunya, Selamectin bekerja sangat efektif untuk kutu, telur kutu, caplak, scabies, cacing jantung, cacing kait, ear mite, cacing gilig. Pemakaian tinggal tetes sesuai dosis di kulit kucing pada bagian tengkuk dua bulan sekali.

Diluar penyakit tersebut diatas, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter hewan, semisal flu, mencret dan serangan virus.



(VII)

JADWAL VAKSIN UNTUK KUCING

Untuk kucing umur 2 bulan :

  • Umur 8-10 minggu, Vaksinasi Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) / Tetracat (Tricat + Chlamydia)
  • Umur 12-14 minggu, Vaksinasi Ulangan Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) / Tetracat (Tricat + Chlamydia)
  • Umur 20 minggu, Vaksinasi Rabies
Untuk kucing umur lebih dari 6 bulan yang belum pernah di vaksin :

  • Vaksinasi Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) / Tetracat (Tricat + Chlamydia)
  • Vaksinasi Rabies
Selanjutnya vaksinasi diulang setiap tahunnya untuk menjaga kekebalan kucing, untuk mengetahui kapan kucing kesayangan harus divaksin ulang, ada baiknya sahabat pencinta kucing untuk meluangkan waktu membaca buku vaksin atau mencatat tanggal vaksin berikutnya.



(VIII)

JADWAL PEMBERIAN OBAT CACING

Rekomendasi program rutin pemberian obat cacing (pencegahan) :  2-4 kali setahun. Frekuensi pemberian tergantung kondisi kucing dan lingkungan. Kucing yang biasa bermain di kebun atau outdoor sebaiknya lebih sering diberi obat cacing.


(IX)

JADWAL RUTIN MERAWAT KUCING

NO
KEGIATAN
JADWAL
01
MEMBERI PAKAN & MINUM
Setiap hari, pagi dan sore
02
MEMBERSIHKAN KOTORAN KUCING
Setiap Hari Pagi dan sore
03
MEMANDIKAN KUCING
Seminggu Sekali
04
GROOMING DI SALON
Sebulan Sekali
05
MENCUCI KANDANG DAN PERLENGKAPAN
Seminggu Sekali




(X)

MENCUCI KANDANG DAN PERLENGKAPAN

Membersihkan kandang dan perlengkapannya dapat dilakukan setiap minggu atau jika dalam keadaan kotor.

Cucilah kandang, kemudian dijemur diterik matahari, setelah itu semprotkan desinfectan pada kandang, berikut ini beberapa larutan desinfectan yang dapat digunakan untuk membersihkan kandang : Mefisto, TH4, Glutasol dan Bayclin pemutih pakaian.

(XI)
MEMILIH PASIR KUCING
Tidak  semua para pemelihara kucing mengunakan pasir gumpal wangi, dengan alasan harga yang masih dirasa mahal, karena kebanyakan pasir gumpal wangi merupakan produk import. Selain alasan tersebut, alokasi dana bukan untuk pasir saja, namun juga untuk kebutuhan pakan dan perawatannya. Biaya operasional tentunya  menjadi pertimbangan utama. 

Saat ini, telah tersedia pasir kucing gumpal wangi merk BENTO-NIT, yang diproduksi oleh produsen lokal, dan dijual dengan harga terjangkau. Pasir Kucing BENTO-NIT, dibuat dari bahan dasar bentonite yang memiliki daya serap tinggi terhadap cairan, penggunaan bahan bentonite pada pasir kucing akan menyerap dan menggumpalkan urine kucing, sehingga sangat praktis untuk membersihkan kotoran kucing kesayangan. untuk aturan pemakaian silahkan klik tautan berikut ini : pasir kucing bentonit


36 komentar:

  1. Bapak, bagaimana cara penggunan Bayclin sebagai desinfektan untuk pembersihan kandang kucing.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal dispraykan saja ke kandang dan lingkungan bermain kucing, tentunya jauhkan kucing, tempat makan dan minum, sebelum penyemprotan.

      Hapus
  2. terima kasih infonya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  3. bagaimna klo kucing tidak mau makan......?
    suara kucing terdengar gx jelas....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dibantu dengan pemberian vitamin dalam bentuk gel dan disuapkan makanan ke mulut kucing.

      Hapus
  4. Pak kebiasan menjemur kucing dibw terik matahari pagi itu dianjurkan ato malah dlarang dan apa ada efeknya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, namun jangan terlalu lama, kucing juga ndak tahan terhadap panas terik matahari.

      Hapus
  5. Artikel yg sangat bermafaat khususnya bagi pemula spt saya ,
    Salam sukses...selalu...thx

    BalasHapus
  6. Panduan yg bagus untuk pemula spt saya...
    Salam sukses selalu..thx

    BalasHapus
  7. kalau pemberian minyak ikan brapa kali sehari ??

    BalasHapus
  8. selamat siang mas, saya baru mendapatkan (lahir) anakan persia LH. sekarang kira-kira berumur 2 bln.
    pertanyaa, kucing tsb mengidap belekan dan ber air serta bulu yang rontok akibat jamur..
    saya minta arahannya dan Tindakan apa yg harus saya lakukan mas, terimakasih

    BalasHapus
  9. maap,aku baru adopsi kucing tp gak tak kasih kandang,sebaiknya gmna gan??
    terus makannya baru mw skali tu pun dikit bgt,gmna gan ngatasinnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaikanya gunakan kandang dulu, dan sediakan pasir kucing didalam kandang, untuk membiasakan kucing membuang kotoran pup nya di kandang, jika tidak mau makan, berikan suplemen vitamin dalam bentuk gel, diupayakan juga untuk disuapi pakannya.

      Hapus
  10. artikel sangat bermanfaat sekali seperti saya yg baru adopt kucing persia kemarin nih,,,terima kasih atas sharenya

    BalasHapus
  11. Mau tanya kalau vaksin tricat atau vaksin rabies mahal tdk ya?verra

    BalasHapus
    Balasan
    1. vaksin untuk saat ini, harga di surabaya kisaran 120rb sd 150rb.

      Hapus
  12. pak saya belum pernah memelihara kucing dan saya kepingin sekali,memelihara , untuk pemula jenis kucing yang mudah perawatannya ? dan sebaiknya sejak usia berapakah kita harus memeliharanya ?

    BalasHapus
  13. pak saya belum pernah pelihara kucing , untuk pemula sebaiknya kita pelihara sejak usia berapa ? dan jenis kucing yang bagaimana yang mudah perawatannya ( pingin yang bermuka bulat lucu )

    BalasHapus
  14. Permisi mw tanya kucing yang sedang hamil tdk bleh di mandiin truz kl kucingy muncul jamur dn gatal gmna cara menanggulanginya slain dmandikan...

    BalasHapus
  15. Malam pak,mau tanya berkaitan dgn vaksin lg.kl vaksin tricat/tetracat itu fungsinya mencegah penyakit apa pd kucing?terima kasih.verra

    BalasHapus
  16. Saya sebentar lagi akan ada kucing niihh..
    Tapi masih kecil mungkin sekitar 1 mingguan.
    Apa sudah boleh dimandikan ?

    BalasHapus
  17. sedikit masukan...untuk pemula lebih baik pelihara yang kondisinya sudah stabil aja. tidak terlalu repot. untuk kondisi yang stabil menurut saya sekitar 6 bln up lah.. jangan memulai dari sekitar 2 blnan. agak repot bagi pemula.. soalnya masih rentan dengan segala sesuatu... itu menurut saya loh.. kalau yang mudah ya kucing kampung.. kalau mau yang muka bulat ya persia. tapi harus jeli ya memilih kucing..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jg berencana adopsi kucing. untuk perawatan persia medium & flatnose/peaknose perbedaannya gmn? trmkasih perhatiannya. sangat membantu.
      klo ada waktu mampir k petshop

      Hapus
  18. Makasih infox sngt mmbntu tp qw pmula dh terlnjur blie kucing yg br umur 2bln ktx biar mdh ddidik ma pnurut...

    BalasHapus
  19. Mau tanya donk... Kucing yg ku beli tenyata telat vaksin ulang ... Vaksin pertama pada umur 2 bulan tenyata sampai 4 bulan belum diulang vaksin nya... Jadi sya harus gimana ya?

    BalasHapus
  20. pak mo tny kalau kucing sy pupny mencret kt dokter hrs ganti mkny tp yang skrg mhl mslny sy ganti mknany gmn untuk kucing umur 5 bulan

    BalasHapus
  21. Kalah kuning habits buang kotoran haruskah di lapa
    Maaf

    BalasHapus
  22. Pak. saya baru saja adopt kitten dirumah saya. Butuh berapa hari kucing boleh dimandikan dlm masa adaptasi?

    BalasHapus
  23. saya banyak kucing dirumah...sungguh ilmu yg sgt bermanfaat

    BalasHapus
  24. Sy baru beli kucing persia medium warna nya putih, sy masukkan di kandang lipat itu lo, kata petshop g jauh dr rmh sy g usah di kasih pasir, karena klo sering mainan di pasir lama kelamaan bulunya jd kuning g bs putih bersih, apa itu benar pak? Tp dr kmren kq kucing saya belum BAB ya..

    BalasHapus
  25. kak,,,
    saya baru saja beli kucing persia ktanya sih yang flat..kucingnya udh hmpir 2 mnggu ad dirmh..tpi 4 hri belakangan ini dia agak lemas. sya mndikan kcing 3 hari sekli krna saya gak suka yang kotor ka
    umurnya 6 bulan...
    itu slah gk ya

    BalasHapus
  26. Wahh cocok nih,, bisa praktek

    BalasHapus
  27. ka saya baru ada di kasih kucing umurnya 6 bulan, dia masih sudah beradaptasi dan suka gak mau masuk kandang, dan jadinya makan juga belum terlalu mau gimana dong?
    terus dia kemaren katanya sudah dikasih vaksin hiv itu apa ya?

    BalasHapus
  28. Bapak jika kucing belekan apkah dia sakit mata?
    Lalu apa yang hrs di lakukan

    BalasHapus